Lonjakan Covid-19 India dan Negara Lain, WHO: Suramnya Solidaritas Dunia

0
1

Setahun lalu, ketika pandemi Covid-19 masih relatif kecil, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menekankan bahwa pendekatan global akan menjadi satu-satunya jalan keluar dari krisis.

“Jalan ke depan adalah solidaritas: solidaritas di tingkat nasional, dan solidaritas di tingkat global, ” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam jumpa pers pada April 2020 dikutip dari CNN.

Dua belas bulan kemudian, pemandangan yang menghancurkan hati terjadi di India. Rumah sakit kewalahan oleh lonjakan kasus Covid-19 dan ribuan orang meninggal karena kekurangan oksigen, menunjukkan peringatan itu tidak diindahkan banyak negara.

India bukan satu-satunya hotspot Covid-19 global. Turki memberlakukan karantina nasional pertamanya pada Kamis (29/4), sebuah langkah yang tidak diinginkan dipicu oleh tingkat infeksi yang sekarang tertinggi di Eropa.

Iran melaporkan jumlah kematian harian tertinggi Covid-19 pada Senin (27/4), dengan banyak kota yang terpaksa ditutup sebagian untuk mengekang penyebaran virus. Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan negara itu menderita gelombang infeksi keempat.

Lonjakan Covid-19 India & Negara Lain, WHO: Suramnya Solidaritas Dunia