Ini Hewan dengan Mulut Melar seperti Karet, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
5

Ular piton zaitun di Australia memakan buaya air tawar. Foto: GG Wildlife Rescue Inc via Facebook

Ada ragam jenis hewan di Bumi. National Geographic pernah mengatakan jumlah hewan di bumi mencapai 8,7 juta spesies. Dengan jumlah tersebut, sangat memungkinkan bahwa beberapa hewan memiliki kemampuan dan keunikan tersendiri.

Salah satu keunikan yang dimiliki hewan adalah memiliki mulut yang sangat melar. Melansir Guinness World Records, seekor anjing golden retriver bernama Finley Molloy mampu menahan enam bola tenis sekaligus menggunakan mulutnya.

Tidak ada konsensus secara ilmiah tentang kemampuan unik ini. Yang menarik, beberapa hewan memiliki ciri dan kemampuan mulut melar yang sama dengan Finley.

Berikut ini adalah sejumlah hewan yang memiliki mulut paling melar di dunia, mengutip dari Live Science.

Hamster

Banyak hewan pengerat memiliki mulut yang mampu melar untuk menyimpan makanan, salah satunya adalah hamster. Melansir Business Insider, hewan menggemaskan ini memiliki mulut yang mampu menampung makanan atau benda apapun hingga 20 persen dari berat badannya.

Ular

Seekor ular bisa memakan makanan utuh dalam satu gigitan besar karena memiliki mulut yang mampu melar sangat lebar.

Pada tahun 2018, Live Science melaporkan bahwa ular piton Burma di Florida mampu meregangkan mulutnya untuk menelan seekor rusa yang lebih berat dari badannya. Kemampuan ini dikarenakan struktur rahang ular yang lebih terhubung dengan ligamen fleksibel daripada ke tengkorak mereka.

Paus Biru

Selain manjadi hewan terbesar di Bumi, Paus Biru juga memiliki mulut yang sangat melar. Paus biru mampu meregangkan mulutnya untuk menelan air yang berisi mangsanya seperti udang dan ikan kecil dalam satu suapan.

Menurut profesor bilogi sekaligus peneliti paus di Hampden-Sydney College, Alexander Werth, cara termudah untuk menangkap mangsa yang melayang di air adalah dengan memperluas ruang di mulut untuk mengambil air lebih banyak.

“Paus melakukan ini dalam skala yang luar biasa. Mereka menarik air dalam jumlah besar sehingga tubuh mereka berubah dari makhluk ramping menjadi makhluk yang terlihat seperti kecebong dengan ekor kecil di belakang,” ujar Werth.

Penampakan langka paus biru di lautan Foto: Instagram seansperception

Werth menambahkan paus biru mampu menampung lebih dari 100.000 liter air sekaligus. Volume air yang dapat ditampung akan terus meningkat seiring bertambahnya panjang tubuh paus.

“Tak hanya menelan air paling banyak, paus biru juga memiliki mulut paling besar,” ujar Werth.

Pelikan

Pelikan menjadi salah satu burung dengan mulut paling melar. Pelikan memiliki bagian kulit yang melar di bawah paruh yang digunakan untuk mengambil ikan dari air.

Menurut Animal Diversity Web (ADW), pelikan coklat (Pelecanus occidentalis) dapat menampung air di kantong mulutnya sebanyak tiga galon atau setara 11 liter. Angka tersebut tiga kali lebih banyak dari volume perut mereka.

Seorang pekerja memakai masker saat ia menyapu kandang pelikan di kebun binatang Bandung, Jawa Barat. Foto: REUTERS/Ajeng Dinar Ulfiana

(MRT)

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban