Anies Siapkan Aturan Salat Idul Fitri di Area Terbuka, kumparan – #kumparanAdalahJawaban

0
8

Umat muslim menunaikan ibadah Shalat Idul Adha 1441 H di lingkungan Masjid Al-Azhar, Jakarta, Jumat (31/7). Foto: Muhammad Adimaja/ANTARA FOTO

PPKM Mikro di Jakarta kembali diperpanjang hingga 17 Mei 2021. PPKM Mikro masih berlaku untuk mengantisipasi dan membatasi mobilisasi warga saat lebaran.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, tengah mempertimbangkan mengizinkan penyelenggaraan salat Idul Fitri di ruang terbuka. Saat ini, tempat ibadah memang sudah diizinkan dibuka tapi dengan membatasi maksimal 50% dari kapasitas masjid.

“Kami mempertimbangkan untuk mengizinkan pelaksanaan salat Id di area terbuka, karena mudah untuk mengatur jaraknya,” kata Anies dalam keterangannya, Senin (3/5).

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, saat mendatangi Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, pada Jumat (9/4). Foto: Pemprov DKI Jakarta

Anies mengatakan, menjelang lebaran akan ada regulasi baru untuk mengatur jumlah pengunjung di sejumlah tempat. Sehingga kerumunan dapat ditangani dan diminimalisasi.

“Hal ini diupayakan dengan mempersiapkan regulasi dalam berbagai hal, seperti pengendalian jumlah pengunjung di berbagai pasar di Jakarta, mengawasi area perkantoran,” tambah dia.

Nantinya, pengaturan kapasitas maksimal dari sebuah tempat akan dijabarkan dalam Surat Edaran Sekda. Aturan itu kini masih terus difinalisasi.

“Regulasinya nanti sesuai dengan arahan Surat Edaran Sekda DKI. Jika kondisinya memungkinkan, semoga kita bisa istiqomah menjaga protokol kesehatan agar ikhtiar kita ini bisa berjalan dengan lancar,” ucap Anies.

Anies memperpanjang PPKM Mikro di Jakarta mulai 4-17 Mei 2021. Keputusan itu tertuang dalam Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 558 Tahun 2021 terkait Perpanjangan PPKM Mikro dan Instruksi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 27 Tahun 2021 tentang Perpanjangan PPKM Mikro tingkat RT.

, kumparan – #kumparanAdalahJawaban