Anies Harus Waspada, Kerumunan di Pasar Tanah Abang Bisa Muncul Lagi Pekan Depan

0
5

Sejumlah warga memadati Blok B Pusat Grosir Pasar Tanah Abang untuk berbelanja pakaian di Jakarta Pusat, Minggu (2/5). Foto: Aditya Pradana Putra/Antara Foto

Kepadatan di Pasar Tanah Abang jelang Lebaran di tengah pandemi COVID-19 menjadi sorotan. Tak kurang dari 100 ribu pengunjung memadati Pasar Tanah Abang.

Kondisi ini bisa saja terjadi lagi. Mengingat, masih ada Sabtu-Minggu, 8-9 Mei 2021, sebelum lebaran. Dan inilah yang harus diwaspadai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan jajaran Pemprov DKI Jakarta.

“Masih ada Jumat, Sabtu, Minggu ini menjelang Id, tentu lebih banyak seperti tahun-tahun sebelum pandemi,” ujar Anggota DPRD DKI Fraksi PDIP Gilbert Simanjuntak, saat dihubungi, Senin (3/5).

Menjelang Id dan masih ada Sabtu Minggu ini, harus diantisipasi kemungkinan makin membeludak.–Anggota DPRD DKI Gilbert

Dia minta ada ketegasan pembatasan jumlah pengunjung. Sehingga kerumunan tidak terjadi. Dengan pembatasan ini, kerumunan warga kemudian bisa terdistribusi, baik dengan pergi ke pasar lain atau belanja secara online.

“Tentu itu adalah tergantung konsumen apakah belanja online atau offline. Tetapi dengan dibatasi jumlah pengunjung, otomatis konsumen akan mencari jalan belanja misalnya online. Atau mencari ke pasar lain yang aksesnya tidak ditutup,” kata dia.

Sejumlah warga memadati Blok B Pusat Grosir Pasar Tanah Abang untuk berbelanja pakaian di Jakarta Pusat, Minggu (2/5). Foto: Aditya Pradana Putra/Antara Foto

Adapun pembatasan bisa dilakukan dengan menutup secara temporer stasiun Tanah Abang hingga membatasi kapasitas parkiran.

“Mengatasi musuh yang tidak terlihat ini hanya dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan. Tidak ada kerumunan yang tidak disertai kenaikan kasus, penyebaran selalu disertai pergerakan manusia. Ini harus dicegah,” tutupnya.