Analis Sebut Metode Perhitungan Baru Bikin IHSG Tertekan Sementara, KATADATA.CO.ID

0
5

Bursa Efek Indonesia (BEI) akan mengubah metode penghitungan bobot pada indeks harga saham gabungan (IHSG), yakni dengan mempertimbangkan free float. Hal tersebut dinilai akan menyebabkan investor institusi mengubah strategi kepemilikan saham dan membuat IHSG bergerak turun sementara.

“Investor, terutama institusi, mau tidak mau akan menyesuaikan lagi proporsi kepemilikan portofolionya, ” kata Analis Bahana Sekuritas Muhammad Wafi dalam sesi podcast Market Movers persembahan Katadata.co.id dan KBR, Senin (3/5).

Akibat dari penyesuaian portofolio tersebut, investor institusi mulai mengurangi porsi kepemilikan pada saham-saham yang memiliki nilai kapitalisasi pasar besar dengan saham free float yang kecil. Investor mengalihkan ke saham yang memiliki bobot free float lebih besar sejalan dengan penerapannya di pasar saham dalam negeri.

Wafi menilai, hal itu bisa menyebabkan pergerakan IHSG tertekan, setidaknya sampai BEI mulai menerapkan pembobotan secara bertahap dari Juni 2021 sampai Mei 2022. 

Hal tersebut mulai terlihat dari IHSG pada perdagangan Senin (3/5), dimana indeks ditutup turun 0, 72% menyentuh level 5.952. “Tren perdagangan …

Selengkapnya : Analis Sebut Metode Perhitungan Baru Bikin IHSG Tertekan Sementara

, KATADATA.CO.ID